Kesehatan

Perawatan Payudara Selama Kehamilan.

www.infoibu.com

Perawatan payudara selama kehamilan anda adalah salah satu bagian penting yang harus anda perhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya.  Saat kehamilan payudara akan membesar dan daerah sekitar putting akan lebih gelap warnanya dan juga lebih sensitive.  Semua ini terjadi untuk persiapan tubuh ibu hamil untuk memberikan makanan pada bayinya kelak.

Beberapa tips perawatan payudara selama kehamilan:

  • Bila BH anda sudah mulai terasa sempit, sebaiknya mengantinya dengan bh yang pas dan sesuai dengan ukuran anda untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara anda.
  • Bila anda berencana untuk menyusui anda dapat memulai menggunakan bh untuk menyusui pada akhir kehamilan anda.  Pilihlah bh yang ukurannya sesuai dengan payudara anda, memakai bh yang mempunyai ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran ayudara dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis ( suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara).
  • Persiapkan putting susu anda.  Dengan lembut putar putting antara telunjuk dan ibu jari anda sekitar 10 detik sewaktu anda mandi.  Jika anda mendapatkan kesulitan atau puting susu anda rata atau masuk kedalam, konsultasikan ke dokter anda, sehingga hal ini dapat diatasi dini untuk mencegah kesulitan nantinya.
  • Pada tahap akhir bulan kehamilan, cobalah untuk memijat lembut payudara didaerah yang berwarna gelap (aerola) dan puting susu, anda mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes kolustrum (cairan kental bewarna kekuningan dari putting). Untuk membantu membuka saluran susu.
  • Bersihkan payudara dan puting, jangan mengunakan sabun didaerah putting dapat menyebabkan daerah tersebut kering.  Gunakan air saja lalu keringkan dengan handuk.

© Dr.Suririnah-www.infoibu.com

Rahasia Hubungan Seksual Bagi Kesehatan

www.infoibu.com

Rahasia hubungan seksual bagi kesehatan—apaan tuh?— Pernah dengar atau membaca kalau hubungan seksual  menguntungkan dalam segi kesehatan. Ya tenyata dari suatu riset bahwa hubungan seks sebagai penyataan kasih dan intimasi dalam suatu hubungan insani ternyata juga menguntungkan dalam segi kesehatan baik buat wanita maupun prianya.  Apakah keuntungan yang diberikan —-mari kita bahas lebih lanjut.

Hubungan seks pada wanita, akan merangsang pelepasan oksitosin.  Dimana oksitosin membuat perasaan lebih baik , rileks dan nyaman.  Sedangkan pada pria hubungan seks menyebabkan aliran dari testoterom yang memperkuat tulang dan otot dan membantu transport DHEA, yaitu hormone yang mempunyai fungsi untuk system imun tubuh.

Paul Pearsall, Ph.D., pengarang dari  Superimmunity, juga menjelaskan bahwa seks pada pasangan yang saling mencintai akan membantu dalam meningkatkan imun system tubuh dengan meningkatan aliran dari  kimiawi tubuh.

Juga terdapat riset  bahwa hubungan seks yang teratur sama manfaatnya seperti olahraga yang teratur, karena meningkatkan sirkulasi darah, kadar cholesterol  baik  dalam darah dan juga adanya hasil laporan  bahwa pria yang melakukan hubungan seks secara rutin 3 kali seminggu maka kemungkinan untuk terkena masalah prostat menjadi lebih kecil..  Hubungan seks, seperti saat orang berolah raga yang akan melepaskan endorphin.  Yang menyebabkan  pengurangan rasa sakit dan rileksasi dari tubuh.

Dr. David Weeks, a clinical neuropsychologist, dari Royal Edinburgh Hospital Mereka mewawancarai lebih dari 3.500 orang dari Inggris, AS, dan Eropa, untuk membandingkan kehidupan seks dan penampilan fisik mereka pada kelompok umur yang sama.  Menyatakan bahwa orang dengan kehidupan seks yang aktif akan lebih awet muda karena seks akan memperlambat proses penuaan dan berusia lebih panjang.   Hal ini juga karena hubungan seksual  akan  memberikan perasaan aman dan saling keterikatan dalam suatu hubungan sehingga juga membawa anda ke perasaaan bahagia dan otomatis menjadikan anda lebih sehat dan terlihat lebih muda.

Jadi Hubungan seksual memang mempunyai nilai kesehatan positif bagi tubuh, apalagi bila anda menikmati dan mencapai orgasme saat melakukan hubungan seksual ini sehingga peningkatan pelepasan hormone � hormone tersebut menjadi optimal.

Jadi   ingatlah  yang penting bukan hanya sekedar kuantitas seksual anda tapi juga KUALITAS dari hubungan seks yang anda lakukan.

� Dr. Suririnah-www.InfoIbu.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: